Rabu, 27 Oktober 2010

SALES TARGET FOR "APOTEK" : WHY NOT ?

Seperti telah diketahui bersama, bahwa bisnis apotek layaknya dua sisi mata uang receh (kalo dikampus dulu dua sisi mata pisau, tapi serem ah...). Sisi pertama akan memperlihatkan nilai nominalnya, sedangkan sisi yang lain memperlihatkan nilai simbolisnya. Yah...ada nilai nominal yang perlu dicapai agar bisnis apotek anda memiliki alasan untuk tetap eksis, bahkan growth, bertumbuh dari waktu ke waktu. Ada pula satu sisi yang lain berupa sisi simbolis kepedulian bisnis apotek terhadap masyarakat. Namun pada obrolan kali ini, akan diulas sisi nominal bisnis apotek tersebut.
"Ngemeng - ngemeng"....untuk mencapai nilai nominal bisnis apotek hingga mencapai sebuah performance yang diharapkan, tentu dibutuhkan sebuah alat ukur (measurement). Kenapa ? Karena kesuksesan tidak akan tercapai secara kebetulan. Kesuksesan akan tercapai karena direncanakan, diyakini, dan diusahakan. Malahan itu saja masih belum cukup (walah....?!??!). Kesuksesan akan terwujud bila didasari niat yang baik, keuletan dan target yang jelas. Bagi orang biasa, umumnya target adalah beban yang melelahkan, namun bagi orang yang luar biasa, beban mereka anggap sebagai target yang menggairahkan. Benar - benar ruaaaarrrr biasa....
Okay...kembali ke laaptoop ! Sedari dini, sejak awal periode, atau mulai bisnis apotek berjalan, tentu dibutuhkan sebuah target untuk dicapai. Yang dinamakan target, tentulah perlu sebuah effort untuk mencapainya. Fokus pada target sales, untuk sebuah bisnis apotek memang layak juga untuk dirancang. Hal ini menjadi sangat penting, karena eksistensi dan pertumbuhan bisnis apotek berawal dari sales. Tentu saja, bila sales pada bisnis apotek baik, harapannya akan dihasilkan laba yang bagus pula. Ujung - ujungnya, pelanggan internal anda akan puas dengan kenaikan benefit financial, sedangkan pelanggan eksternal anda akan puas karena sarana bisnis apotek semakin maju dan nyaman. Lantas, bagaimana cara memulainya ? Perlu langkah SMART (swear ewer -ewer..., 100% bukan promosi produk Telco...) untuk mulai menyusun target sales di bisnis apotek. Yang dimaksud SMART adalah :

SPESIFIC, artinya : jelas, dapat dipahami, mudah diidentifikasi dan hasilnya dapat diamati. Misal : Target sales untuk obat OTC.
MEASURABLE, artinya : Hasil yang dicapai dapat diukur secara obyektif. Misal : Target sales OTC dikatakan mencapai performance bila minimal 97 %.
ACHIEVEBLE, artinya : nilai target menantang, perlu effort extra untuk mencapainya. Misal : Target sales OTC harus tumbuh 30 % lebih baik dibanding masa lalu.
REALISTIC, artinya : harus ada sumber daya dan dukungan untuk mencapai target tersebut. Misal : Menyediakan katalog produk OTC yang dijual di apotek, disamping majalah dan koran.
TIME BOUND, artinya : harus tercapai dalam periode tertentu. Misal : Target sales OTC sebesar 400 juta harus tercapai dalam 1 semester terakhir di tahun 2010.

Jika hal ini dilakukan, tentu akan lebih mudah dalam mengidentifikasi perkembangan bisnis apotek yang dijalankan, dari waktu ke waktu, bahkan dapat pula mendeteksi semenjak dini apabila memang bisnis apotek melenceng dari target yang telah dicanangkan. Bukan sesuatu beban yang melelahkan to...? So, sales target for "Apotek" : Why Not ? -Yes, I'm Pharmapreneur-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar