Senin, 01 November 2010

POTENSI NAMA DIBALIK SUKSES BISNIS APOTEK

"What's in a name ?" Itulah lontaran tersohor di planet bumi yang diucapkan oleh William Shakespeare. Yah...beliau menanyakan : "Apalah arti sebuah nama ?". Buat sebagian orang, nama bisa berarti do'a (so klo manggil orang pake' nama yg baik dong, jangan asal ngjeplak : Ijaaaaaah...Jahhh...!!"). Nama bagi sebuah bisnis, ibarat ruh. Dia adalah brand yang dilekatkan, sepanjang bisnis tersebut berjalan, tanpa terkecuali bisnis apotek. Berkembang atau tidaknya bisnis apotek, tergantung pada kuat atau tidaknya nama yang dilekatkan padanya. Sebuah nama yang kuat, akan mendorong bisnis apotek tersebut bergerak lebih cepat dalam memenetrasi pasar. Berbekal nama yang kuat, ia akan tampil mendominasi dan bahkan memberikan keuntungan yang berlipat - lipat, bahkan bisa melebihi asset fisiknya.
Untuk membuat nama apotek menjadi "top markotop" dan "good marsogood" (hehehe...), maka nama pada bisnis apotek tersebut harus dikelola dan dikembangkan dengan baik. Ibarat tanaman, perlu disiram dan dipupuk serta dijaga agar tumbuh besar menjadi pohon. Membangun dan mengelola nama pada bisnis apotek agar menjadi besar dan "branding" memang tidak semudah mengetik tulisan ini (bener loh, swear deh...!). Telah banyak nama apotek terjungkal sebelum menjadi besar, atau bahkan perlu tertatih - tatih dahulu hingga 6 - 10 tahunan untuk menjadi sukses. Memang harus diakui hal ini tidak mudah, apalagi ditengah kemajuan zaman dan lingkungan bisnis apotek juga berubah secepat kilat akibat kemajuan teknologi saat ini. Sebenarnya, tantangan terberatnya adalah begitu cepatnya perubahan perilaku pasien / customer / pembeli akibat banyaknya pilihan media komunikasi sebagai dampak kemajuan informasi di era sekarang ini. Kondisi ini bukan hambatan, bila pebisnis apotek cerdas dalam menyikapi dan menangkap tren kemajuan komuniaksi dan teknologi ini. Pebisnis apotek bisa meracik kemajuan informasi dan teknologi ini sebagai alat untuk mendorong lebih cepat nama apotek agar lebih "branding", lebih hidup dan lebih membumi pada level market. Ada 3 posisi kunci yang bisa difokuskan agar nama sebuah bisnis apotek bisa menjadi kuat & sukses, yakni :

1. Awareness
Untuk memiliki nama yang kuat, bisnis apotek yang dijalankan harus terkenal, menjadi lazim, & menjadi sebuah trend setter pada sebuah market. Bagaimana cara memulai membentuk awareness ini ? Pengalaman menyebutkan bahwa dengan semakin intennya berhubungan dengan customer maka akan semakin kuat awareness-nya. Hal itu bisa dimaksimalkan melalui social networking, customer service, digital media, interactive marketing (bukan iklan loh !), tangible experience. Sebuah apotek "bercat hijau" telah melakukan ini pada momen bakti sosial peduli merapi (social networking, customer service, tangible experience di racik secara ciamik disana..wah..wah..wah !)
2.Market Share
Penguasaan pasar harus menjadi prioritas penting, setelah awareness. Fokus pada pelanggan - pelanggan kunci terlebih dahulu. Jangan tamak untuk segera menguasai semua level market. Sesuaikan dengan kondisi kekuatan binis apotek yang dijalankan. Sebuah contoh yang menarik dan sederhana dilakukan sebuah apotek di Yogyakarta, dengan cara fokus membidik kalangan geriatri melalui sebuah pertemuan rutin warga.
3.Loyalty
Setelah sukses merengkuh market share yang ada, nah...selanjutnya baru dibikin berbagai layanan dan program agar, minimal pelanggan - pelanggan kunci tersebut tidak pernah berpaling hati (apalagi sampai berpaling body...hehe), terhadap layanan apotek yang tersedia. Melalui layanan yang customize, fokus pada pelanggan yang sudah terbentuk inilah sebenarnya telah dimulai sebuah fase untuk membentuk format loyalty. Secara sederhana, hal ini akan ditandai adanya  buying repeat. Dalam membentuk loyalty, sebaiknya dimulai dari customer mindset. Ini akan meminimalisir rejected atas layanan yang ditawarkan dan hal itu bisa dimulai dari pelanggan - pelanggan kunci yang telah terbentuk.

Fokus pada 3 posisi kunci tersebut, apabila dilakukan secara berulang - ulang dalam bisnis apotek yang dijalankan, niscaya lambat laun akan menuai segarnya potensi nama dibalik suksesnya bisnis apotek.

4 komentar:

  1. Setuju, nama adalah ujung tombak sebuah usaha. Jika anda berniat mencari nama untuk tempat usaha/toko/perusahaan bisa berkonsultasi dengan saya, silahkan buka web saya di www.armitaconsultant.com

    Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya. Bisnis apotek merupakan bisnis yang menggiurkan, namaun harus mempunyai keahlian dibidangnya..
    Ide Bisnis

    BalasHapus
  3. Terima kasih informasinya. Bisnis apotek merupakan bisnis yang menggiurkan, namaun harus mempunyai keahlian dibidangnya..
    Resep Masak

    BalasHapus